Ibu Negara Jill Biden Akan Menghadiri Olimpiade Tokyo

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pemerintahan Amerika Serikat dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk mengirim ibu negara Jill Biden sebagai perwakilan AS di acara pembukaan Olimpiade Tokyo pada tanggal 23 Juli.

Juru bicara gedung putih, Jen Psaki, menyatakan melalui konferensi pers pada hari Senin (28/6) bahwa Presiden Joe Biden tidak akan menghadiri pertandingan, namun ia tidak mengatakan siapa perwakilan delegasi AS. Ia hanya menjelaskan bahwa akan ada delegasi dari AS seperti sebelum-sebelumnya.

Kunjungan dari ibu negara kemungkinan akan mempererat hubungan antara Jepang dan Amerika Serikat.

Biden pernah menyampaikan dukungannya terhadap rencana Jepang untuk menyelenggarakan Olimpiade Tokyo yang aman dan selamat di tengah kekhawatiran dan protes karena pandemi belum terkontrol sepenuhnya.

Di antara pemimpin-pemimpin dunia, pemerintahan Perancis telah menjelaskan bahwa Presiden Emmanuel Macron akan menghadiri acara pembukaan pada tanggal 23 Juli mendatang.

Pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan pada tahun 2018, AS mengirimkan Wakil Presiden Mike Pence sebagai delegasinya. Olimpiade Musim Panas di Rio de Janeiro Brazil pada tahun 2016, Sekretaris Negara John Kerry memimpin delegasi AS di acara pembukaan.

Olimpiade London 2012 diwakilkan oleh ibu negara Michelle Obama.